Senin, 14 Januari 2013

Zeiss Contax 85mm f/2.8 Sonnar

Zeiss Contax 85mm f/2.8 Sonnar adalah salah satu lensa legendaris yang dibuat dalam versi Contax/Yashica mount. Lensa ini merupakan rancangan Sonnar yang sangat cocok digunakan untuk portrait (baca artikel sebelumnya tentang Sonnar).

Lensa ini pertama kali diproduksi pada tahun 1975 dan tidak diketahui kapan terakhir stop produksi. Versi pertama lensa ini diberi kode AE dan versi kedua diberi kode MM. Perbedaan antara kedua versi tersebut sangat minimal. Sepengetahuan saya salah satu beda adalah bentuk aperture blades. Konfigurasi lensa adalah 5 elements 4 group, dengan lens coating Zeiss T*.




Zeiss juga membuat lensa Contax 85mm f/1.4 namun lensa tersebut tidak memiliki nilai khas karena dibuat dengan rancang Planar yang dimana sama saja dengan lensa Zeiss terbaru untuk Canon-mount (ZE) ataupun Nikon-mount (ZF).


Berikut contoh foto oleh lensa ini:


hyperlink ke photography-on-the-net.com

Ulasan-ulasan umumnya menyimpulkan karakteristik lensa sbb:

  • Ketajaman yang pas
  • Macro dan micro-contrast yang luar biasa bagus
  • Saturasi warna yang pas
  • OOF (Out Of Focus) halus
  • Zeiss "3D look" dimana subjek seolah-olah muncul keluar

Zeiss Contax 85mm f/2.8 terpasang pada EOS 400D

Flickr gallery: http://www.flickr.com/groups/1279418@N25/


Catatan:
Zeiss Ikon pasca Perang Dunia kedua terpecah menjadi dua perusahaan, yaitu Zeiss Opton di Oberkochen, Jerman Barat (Sekutu) dan Zeiss Jena di Jena, Jerman Timur (Soviet/komunis). Kedua perusahaan ini berdiri sendiri dan tidak ada hubungan kerja diantara mereka. Teknologi di Zeiss Jena cenderung stagnan sedangkan Zeiss Opton menyempurnakan teknologi coating T* mereka, mengembangkan rancang bangun lensa Distagon, Biogon, dan sistem fokus Floating Element.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar